Cara Pemeliharaan Hamster Hamil

Your comment You are on Cara Memelihara hamster Edit posts?
Kadang anda tidak mengetahui bahwa hamster yang baru saja Anda beli dari toko hewan peliharaan ternyata adalah hamster hamil dan kemudian ia melahirkan tanpa sepengetahuan Anda. Bahkan jika Anda secara tidak sengaja menyatukan hamster jantan dengan betina, maka si hamster betina menjadi hamil.
Lalu dalam kondisi ini, apa yang harus dilakukan? Jawaban singkatnya adalah – Jangan diganggu!
Hamster hamil atau hamster yang baru melahirkan sebaiknya tidak diganggu atau disentuh. Karena jika hamster hamil atau bayi-bayi hamster yang baru lahir Anda sentuh, maka si induk kemungkinan besar akan memakan bayi-bayinya sendiri! Jadi, selain sekedar memberikan makan dan minum, sebaiknya Anda biarkan hamster Anda sendiri di kandangnya tanpa gangguan untuk beberapa minggu. Walaupun memang sangat menarik untuk melihat dan menyentuh bayi-bayi hamster yang baru lahir, tapi sebaiknya Anda biarkan si induk hamster untuk merawat bayi-bayinya sendiri.
Berikut ini cara merawat hamster hamil yang sebaiknya Anda lakukan
  • Berikan tisu toilet atau tisu yang halus di kandang hamster, sehingga hamster hamil Anda bisa membuat sarangnya untuk melahirkan dari tisu yang Anda berikan tersebut. Idealnya, Anda berikan tisu di kandang hamster begitu Anda mengetahui bahwa hamster Anda hamil. Cara yang paling mudah untuk mengetahui ciri-ciri hamster hamil adalah dari ukuran perutnya yang membesar. Kehamilan hamster biasanya memakan waktu kurang lebih 16 hari dari proses pembuahan sampai kelahiran.
  • Jangan sentuh bayi-bayi hamster semenjak lahir sampai dengan umurnya mencapai 2 minggu atau lebih
  • Begitu bayi-bayi hamster lahir, jangan terlalu khawatir terhadap kandang hamster yang sedikit kotor. Biarkan hamster-hamster Anda untuk sementara waktu sampai kurang lebih 2 minggu. Hindari menyentuh sarang hamster. Saat yang paling tepat untuk membersihkan kandang hamster adalah saat Anda mengetahui bahwa hamster Anda hamil.
  • Pastikan suplai makanan dan minuman yang cukup untuk hamster hamil Anda. Berikan makanan dan minuman dengan lembut sehingga tidak membuat hamster hamil Anda takut. Makanan hamster hamil yang baik adalah yang mengandung banyak protein, seperti telur rebus, daging ayam dll.
  • Hindari memperhatikan terlalu lama hamster hamil (atau bayi-bayi hamster yang baru hamil).
  • Perlu diingat bahwa si induk hamster yang baru melahirkan akan sangat protektif terhadap bayi-bayinya. Bahkan dia akan terlihat cukup agresif apabila melihat Anda. Jangan khawatir, hal ini adalah normal.
  • Jika Anda benar-benar perlu memindahkan bayi hamster, maka gunakanlah sendok untuk memindahkannya. Dengan begitu, bau tangan Anda tidak akan melekat di tubuh bayi-bayi hamster. Karena begitu si induk hamster merasa bahwa bau tangan Anda melekat di tubuh bayi-bayinya, maka ia akan merasa bahwa itu adalah musuhnya, sehingga induk hamster akan memakan bayinya sendiri.
Nah, hal lain yang perlu Anda lakukan adalah memisahkan induk hamster yang baru melahirkan itu dari hamster jantan. Karena kalau tidak Anda pisahkan, si induk hamster cepat hamil lagi dengan mudah. Jarak kehamilan yang terlalu dekat akan berakibat kurang baik bagi induk hamster dan bayi-bayinya. Jadi, sebaiknya Anda selalu pisahkan kandang hamster jantan dengan hamster betina.
Next »
 

0 opmerkings:

Your comment / Cara Pemeliharaan Hamster Hamil